Pemain Timnas Indonesia Sudah Paham Sepakbola Shin Tae-Yong

By ommed


nusakini.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta pemain agar segera mengalihkan fokus ke klub masing-masing di Liga 1 2021/22, dan meningkatkan performa mereka di kompetisi domestik.

Hal itu diungkapkan Tae-yong selepas timnas senior menundukkan Cina Taipei 3-0 dalam pertandingan leg kedua play-off babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Thailand, Senin (11/10) malam WIB.

Skuad Garuda menghadapi dua agenda penting pada akhir tahun ini dan awal 2022. Evan Dimas dan kawan-kawan akan mengikuti Piala AFF 2020 pada Desember 2021, serta putaran akhir kualifikasi Piala Asia di awal 2022.


Tiga pertandingan pertama putaran akhir kualifikasi berlangsung pada Februari dan Maret. Sedangkan tiga laga sisannya pada Juni dan September. Indonesia masuk ke Pot 4 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, serta pemenang antara Kamboja dan Guam.

Tae-yong menyadari lawan lebih berat akan dihadapi di dua turnamen tersebut. Juru taktik asal Korea Selatan ini pun meminta pemain fokus memperkuat klub masing-masing untuk meningkatkan performa mereka, sehingga nantinya semakin matang saat kembali ke tim nasional.


“Para pemain harus fokus ke liga untuk meningkatkan performa mereka. Mungkin pemain sudah paham sepakbola Shin Tae-yong seperti apa. Jadi ke depannya, kalau performa pemain sudah meningkat, secara taktik juga akan meningkat, sehingga menjadi tim yang lebih baik lagi dibandingkan sekarang,” ujar Tae-yong.

Menurut Tae-yong, meski mampu meraih kemenangan agregat 5-1 atas Cina Taipei, masih banyak kekurangan yang perlu mereka perbaiki. Kemenangan 3-0 di leg kedua belum memuaskan sang pelatih, karena timnas seharusnya bisa mencetak gol lebih banyak.


“Walaupun kami sudah cetak tiga gol, tapi penyelesaian akhir masih perlu ditingkatkan lagi. Sedangkan stabilitas pertahanan harus lebih ditingkatkan lagi,” ucap pelatih berusia 52 tahun ini.

Terlepas dari itu, Tae-yong merasa puas dengan semangat pemain yang diperlihatkan di pertandingan tersebut. Menurutnya, pemain sudah bermain maksimal untuk meraih kemenangan.

“Sangat senang karena pemain sudah bekerja keras di home and away. Ke depannya, kemauan pemain pasti akan makin tinggi, dan sepakbola Indonesia lebih berkembang lagi,” kata Tae-yong. (gi/om)